Hi, netizen!
Saya kembali lagi~ Sekarang saya mau sharing mengenai
contoh transaksi ERP di kehidupan sehari-hari. Saya ambil contoh berupa struk
pembayaran di suatu restoran. Berikut fotonya:
Jika dianggap sebagai transaksi menggunakan Odoo, struk
pembayaran tersebut bisa dibilang sebagai invoice (surat penagihan) yang kita
dapat setelah menikmati makanan dan service yang diberikan pihak restoran
sebagai supplier.
Berikut adalah data-data yang ada pada struk tersebut:
1. Kop
Slip
Jika
pada surat, kop berisi keterangan pengirim dan tujuan pengiriman. Nah, di struk
ini kop tersebut berisi keterangan seperti:
a·
Nama restoran.
Nama restoran menunjukkan identitas restoran tersebut.
Poin ini termasuk dalam menu CRM/sales and marketing.
b·
Alamat restoran
Alamat dicantumkan lengkap beserta nomor telepon yang
bisa dihubungi untuk memudahkan customer dalam hal reserving, confirmation,
complain, dll. Kegiatan ini juga masuk dalam menu CRM/sales and marketing.
c·
Nama kasir
Penting untuk mencantumkan nama kasir yang menangani
transaksi agar memudahkan penelusuran jika terjadi kesalahan dalam transaksi.
Poin ini masuk dalam kegiatan menu Purchases.
d·
Tanggal dan waktu
Waktu kejadian dilakukannya transaksi berguna untuk
monitoring and controlling kegiatan restoran. Poin ini juga masuk dalam menu
Purchases.
e·
Nama server dan nomor meja
Dua hal di atas dicantumkan untuk memberikan informasi
kepada customer agar mengetahui identitas pelayan dan memudahkan pelayan mengantarkan pesanan. Bagian ini masih
termasuk dalam menu CRM/sales and marketing.
Bagi pelayan dan koki, nomor meja juga dapat membantu
agar penyerahan pesanan tidak tertukar layaknya menu Messaging dalam Odoo.
2. Isi
/ Transaksi
Menjelaskan
dengan rinci menu apa saja yang dipesan oleh customer berikut dengan jumlah serta
harga setiap menunya. Dalam odoo, kegiatan ini termasuk dalam menu Purchases
karena diibaratkan seperti invoice.
Kemudian
dilanjut dengan total pemesanan, total harga yang harus dibayar, nominal
pelayanan serta pajak sebesar 10%. Kegiatan pembayaran ini masuk dalam menu
Accounting.
3. Catatan
Bagian ini
berisi semacam warm regards dari restoran serta kontak berupa website, email,
dan akun-akun social media. Ini termasuk dalam menu CRM/sales and marketing,
Website, dan E-commerce.
Yap, sekian
penjelasan soal transaksi ini. Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar