Jumat, 13 Januari 2017

Sawra Dhatri - 4415217072 - #UPERP8UAS04 Transaksi ERP Sehari-hari

Hi, netizen!
Saya kembali lagi~ Sekarang saya mau sharing mengenai contoh transaksi ERP di kehidupan sehari-hari. Saya ambil contoh berupa struk pembayaran di suatu restoran. Berikut fotonya:
Jika dianggap sebagai transaksi menggunakan Odoo, struk pembayaran tersebut bisa dibilang sebagai invoice (surat penagihan) yang kita dapat setelah menikmati makanan dan service yang diberikan pihak restoran sebagai supplier.
Berikut adalah data-data yang ada pada struk tersebut:
     1.    Kop Slip
Jika pada surat, kop berisi keterangan pengirim dan tujuan pengiriman. Nah, di struk ini kop tersebut berisi keterangan seperti:
     Nama restoran.
Nama restoran menunjukkan identitas restoran tersebut. Poin ini termasuk dalam menu CRM/sales and marketing.
     Alamat restoran
Alamat dicantumkan lengkap beserta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memudahkan customer dalam hal reserving, confirmation, complain, dll. Kegiatan ini juga masuk dalam menu CRM/sales and marketing.
     Nama kasir
Penting untuk mencantumkan nama kasir yang menangani transaksi agar memudahkan penelusuran jika terjadi kesalahan dalam transaksi. Poin ini masuk dalam kegiatan menu Purchases.
     Tanggal dan waktu
Waktu kejadian dilakukannya transaksi berguna untuk monitoring and controlling kegiatan restoran. Poin ini juga masuk dalam menu Purchases.
     Nama server dan nomor meja
Dua hal di atas dicantumkan untuk memberikan informasi kepada customer agar mengetahui identitas pelayan dan memudahkan pelayan  mengantarkan pesanan. Bagian ini masih termasuk dalam menu CRM/sales and marketing.
Bagi pelayan dan koki, nomor meja juga dapat membantu agar penyerahan pesanan tidak tertukar layaknya menu Messaging dalam Odoo.
     2.    Isi / Transaksi
Menjelaskan dengan rinci menu apa saja yang dipesan oleh customer berikut dengan jumlah serta harga setiap menunya. Dalam odoo, kegiatan ini termasuk dalam menu Purchases karena diibaratkan seperti invoice.
Kemudian dilanjut dengan total pemesanan, total harga yang harus dibayar, nominal pelayanan serta pajak sebesar 10%. Kegiatan pembayaran ini masuk dalam menu Accounting.
     3.    Catatan
Bagian ini berisi semacam warm regards dari restoran serta kontak berupa website, email, dan akun-akun social media. Ini termasuk dalam menu CRM/sales and marketing, Website, dan E-commerce.
Yap, sekian penjelasan soal transaksi ini. Semoga bermanfaat!
Enjoy this year~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar