Jumat, 13 Januari 2017

Purwito Rini - 4413216187 - #UPERP8UAS04


Hallo Genks,
Kali ini saya akan menganalisa mengenai sisi ERP salah satu transaksi jual-beli saat saya membeli obat di toko skincare.
Berikut gambar dan analisa sisi ERP nya :


  1. Label toko skincare yang berada di posisi paling atas yaitu "NMW SKIN CARE" menunjukkan bahwa nama tersebut merupakan identitas dan kepemilikan usaha dari toko tersebut, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses Modul Marketing dan Sales.
  2. JL.Akses UI No.5A-5B,Tugu,Kelapa Dua,Cimanggis,Depok-JawaBarat dan cabang lainnya menunjukkan alamat  dari toko tersebut yang dapat memudahkan para customer nya untuk mencari keberadaan toko, menanyakan keluhan dan saran, dan hal lainnya. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Marketing dan Sales.
  3. Telp: 021-8714104 dan Fax 021-87716074 merupakan nomor telepon dan fax dari toko tersebut yang bisa dihubungi, termasuk dalam informasi penting sebuah perusahaan selain alamat perusahaan.
  4. 31/10/2016 9:53:46 merupakan tanggal dan waktu transaksi Pembelian secara real time ketika struk ini dicetak, sehingga setiap transaksi yang terjadi di toko ini dapat termonitor oleh pihak manajemen toko. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
  5. PG-IP16106551 merupakan nomor struk transaksi. Nomor transaksi tersebut biasa digunakan sebagai nomor bukti transaksi yang sangat berguna bagi pemilik ataupun pihak manajemen toko yang dapat memudahkan penelusuran transaksi, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Setting/Admin karena berupa informasi transaksi. NMW-051093 merupakan nomor customer saat melakukan transaksi. RINY merupakan nama kasir di toko tersebut untuk memudahkan mencari  jika ada complain dari customer.
  6. FW ACNE 100 ML dan lainnya menunjukkan nama item transaksi beserta harga dan jumlah quantity nya tiap item, sehingga memudahkan costumer dalam mengecek item transaksinya sudah benar atau belum. hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
  7. 225.000 atau Penjualan menunjukkan  total harga yang harus dibayarkan pihak customer, total harga tersebut didapat dari quantity item yang ada dalam transaksi dikalikan dengan harga masing - masing item dan kemudian dijumlahkan. Dan dalam total harga tersebut  terdapat unit currency IDR. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
  8. Tulisan Jumlah Bayar menunjukkan informasi jumlah uang yang diberikan customer kepada pihak kasir. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
  9. Jika ada kembalian, maka akan ada tulisan Kembali yang menunjukkan uang kembalian yang harus dikembalikan ke customer yang diperoleh dari pengurangan uang yang diberikan customer ke kasir dengan jumlah uang yang terbayar sehingga tidak ada pihak yang dirugikan apabila ada kelebihan atau kekurangan dalam pembayaran. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
  10. Terdapat informasi ucapan Terima Kasih Atas Kunjungan nya yang menunjukkan ucapan terima kasih telah berbelanja dari pihak toko. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase .

    Dari sisi ERP, analisa proses bisnis diatas, menurut saya kekurangannya :

  • Di dalam total harga tersebut tidak terdapat unit currency IDR, seharusnya lebih di detailkan lebih lanjut.
  • Di berikan keterangan mengenai adanya pajak atau tidak nya dan berikut mengenai NPWP perusahaannya.
  • Diberikan keterangan mengenai Layanan Konsumen seperti nomor SMS, Telepon, dan E-mail yang bisa dihubungi.


Kesimpulan :

  1. Analisa proses toko NMW SKIN CARE dari segi ERP sudah cukup baik, sistemnya telah bisa mendeteksi secara otomatis, tertelusur dan real time, identitas yang melayani transaksi yang lengkap, hanya saja tidak ada keterangan penjelasan atau informasi mengenai NPWP perusahaannya dan  mengenai Layanan Konsumen seperti nomor SMS, Telepon, dan E-mail yang bisa dihubungi sehigga nanti dapat mempersulit ketika orang awam komplain terkait dengan struk tersebut.

Cukup sekian hasil analisa ERP yg saya sampaikan mengenai struk transaksi penjualan di toko NMW SKIN CARE
Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Salam Odoo Lovers :D
Sukses Selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar