Jumat, 13 Januari 2017

Rizky Amalia F - 4415217070 - #UPERP8UAS03B Panduan Cara menggunakan Modul Add-Ons

Assalammu'alaikum Wr., Wb.
Selamat malam, teman - teman :)
Jumpa lagi dengan saya Rizky Amalia Fitriani di blog Hellokitty-uperp8.

Setelah kita mengetahui cara menginstall addons modul tambahan pada post sebelumnya yang berjudul #UPERP8UAS03A Cara Install Modul Addons. Kali ini kita akan membahas mengenai Panduan cara menggunakan  Modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members, serta Cara mencentang opsi “Task Delegation” pada menu Setting Users. Mari kita mulai dengan Panduan cara menggunakan Modul addons Mass Mailing Unsubscription.

A. Panduan cara menggunakan Modul addons Mass Mailing Unsubscription.

Pada postingan saya terdahulu, yakni #UPERP8UTS05 Instalasi dan Panduan Menggunakan Addons Module pada Odoo 8.0 saya juga sudah membahas mengenai Panduan menggunakan Modul addons Mass Mailing Unique, yaitu dengan cara membuka menu Marketing, pilih sub-menu Mailing List -> Contacts -> Create Mailing List Subscribers dan kamu tidak dapat menambahkan kontak dengan alamat e-mail yang sama persis, hal ini adalah untuk menambah mailing list lebih beragam pada kontak kamu.
Pada Mass Mailing Unsubscription, langkah – langkah menggunakannya adalah sbb:
a. Masuk ke menu Marketing,
b. Pilih sub-menu Mass Mailing,
c. Create New Mailing,
d. Masukkan data – data yang kamu inginkan,
e. Pada bagian bawah menu Create New Mailing kamu klik menu Options, disitu kamu akan menemukan opsi “Allow Unsubscribe” yang belum dicentang
f. Klik opsi “Allow Unsubscribe” untuk memberikan centang,
g. Klik tombol merah bertuliskan “Save” pada pojok kiri atas untuk menyimpan,
h. Selamat kamu sudah menyelesaikan langkah – langkah melakukan Mass Mailing Unsubscription :)
Agar kamu lebih jelas dalam melakukan langkah – langkah tersebut, silakan lihat gambar – gambar dibawah.
  
Menu Marketing -> Mass Mailing -> Create New Mailing

Masukkan data – data yang diinginkan

Menu Options -> Beri centang pada “Allow Unsubscribe” -> Save
  
B. Panduan cara menggunakan Modul addons Associations: Members.

Berikutnya mari kita bahas cara menggunakan Modul Addons Associations: Members.
Langkah – langkah menggunakan Mdoul Addons Associations: Members adalah sbb:
a. Masuk ke menu Marketing,
b. Pilih sub-menu Events,
c. Create New Events,
d. Masukkan data – data yang kamu inginkan,
e. Ingat juga untuk memasukkan data partisipan yang akan menghadiri event yang kamu adakan / kamu buat.
f. Klik opsi “Confirm Event” pada pojok kiri atas dibawah tombol Save untuk mengaktifkan event yang kamu buat,
g. Klik tombol merah bertuliskan “Save” pada pojok kiri atas untuk menyimpan,
h. Selamat kamu sudah menyelesaikan langkah – langkah melakukan Associations: Members :)
Agar kamu lebih jelas dalam melakukan langkah – langkah tersebut, silakan lihat gambar – gambar dibawah.

Menu Marketing -> Sub-menu “Events -> Create New Events

Masukkan data – data yang kamu inginkan -> Input data partisipan -> Confirm Event

Hasil “Confirm Event” -> Save

C. Panduan cara mencentang opsi “Task Delegation” pada menu Setting Users

Seperti yang pernah saya bahas pada soal 3A dimana kami pernah mendapatkan tugas untuk mencentang opsi tambahan pada menu Setting Users, namun tidak semua mahasiswa/i dapat mengerjakan dikarenakan opsi yang menjadi tugasnya tidak ada pada menu tersebut dan cara memunculkan opsi tersebut belum diketahui, sehingga tugas tersebut ditunda pengerjaannya.
Pada saat tugas tersebut diberikan saya mendapat soal untuk memberikan tanda centang () pada opsi “Task Delegation” didalam menu Setting Users.
Saya sudah mengetahui bagaimana cara memunculkan opsi tersebut, yaitu dengan menginstall modul “Project Management” yang cara penginstalannya sudah saya bahas pada soal 3A.
Cara mencentang opsi “Task Delegation” adalah :
a. Klik menu “Setting” pada Menu Bar Odoo 8.0, cari sub-menu Users, lalu klik sub-sub menu Users

Menu Settings -> Sub-menu Users -> Sub-sub menu Users

b. Pada sub-sub menu Users, klik Administrator

Klik Administrator pada sub-sub menu Users

c. Scroll ke bawah, pada section Technical Settings kamu akan temukan opsi “Task Delegation” yang belum dicentang. Untuk dapat mencentangnya kamu harus klik tombol Edit pada bagian kiri atas dibawah tulisan “Users / Administrator”

Opsi “Task Delegation pada section “Technical Settings”

d. Klik tombol Edit, scroll kebawah cari opsi “Task Delegation” pada section Technical Settings, klik kotak kecil di sebelah kanannya untuk memberi tanda centang (), lalu klik tombol Save pada bagian kiri atas

Klik Edit -> klik kotak kecil di sebelah kanan “Task Delegation” -> Save

e. Opsi “Task Delegation” pada Menu Setting Users telah berhasil diselesaikan.
Opsi “Task Delegation” berhasil diberi tanda centang ()

Bagaimana, mudah bukan mengerjakan 2 buah Modul Addons tersebut dan memberi tanda centang pada opsi “Task Delegation” pada Menu Setting Users?
Sekian postingan saya kali ini yang membahas tentang Panduan cara menggunakan Modul Addons Mass Mailing Unsubcription dan Associations: Members serta Panduan cara mencentang opsi “Task Delegation” pada menu Setting Users.
Selain itu kalian juga dapat melihatnya dalam berbagai versi yang sudah saya simpan dalam google drive email kartun saya (hellokitty.uperp8@gmail.com), yaitu :

- Untuk versi word dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi pdf dapat dilihat dan didownload disini 
- Untuk versi video dapat dilihat dan didonwload disini
Pada postingan berikutnya saya akan membahas mengenai Kegunaan masing – masing Modul Addons Mass Mailing Unsubcription dan Associations: Members. So, stay tuned guys with my post.

Semoga postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Salam Sukses, 

Wassalammu'alaikum Wr., Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar