Jumat, 13 Januari 2017

Rizky Amalia F - 4415217070 - #UPERP8UAS03E Database yang Muncul saat Modul Add-Ons diInstall

Assalammu'alaikum Wr., Wb.
Selamat malam, teman - teman :)
Jumpa lagi dengan saya Rizky Amalia Fitriani di blog Hellokitty-uperp8.

Setelah kita mengetahui cara menginstall addons modul tambahan pada post sebelumnya yang berjudul UPERP8UAS03D Perbedaan Sebelum dan Sesudah Modul Addons Diinstall. Lalu sudah kita pelajari juga Panduan Cara Menggunakan Modul Addons Mass Mailing Unsubcription dan Associations: Members, pembahasan mengenai Kegunaan masing – masing Modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members, serta Perbedaan sebelum dan sesudah Modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members diinstall. Kali ini kita akan membahas mengenai Database yang ada (Muncul) saat Modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members diinstall.

Mari kita mulai dengan Database yang ada (Muncul) saat Modul addons Mass Mailing Unsubscription diinstall.

A. Database yang ada (Muncul) saat Modul addons Mass Mailing Unsubscription diinstall.
Pada saat kita menginstall modul addons tambahan pasti tercipta database baru antara sebelum modul addons diinstall dan sesudah modul addons diinstall. Tidak banyak database yang muncul setelah instalasi modul addons Mass Mailing Unsubscription atau bahkan bisa dikatakan tidak ada, dikarenakan modul addons ini adalah addons pelengkap dari Mass Mailing, satu – satunya perbedaan yang muncul antara sebelum dan sesudah modul addons tersebut diinstall adalah admin memiliki akses tambahan untuk mengizinkan customer membatalkan e-mail berlangganan mereka atau tidak mengizinkan customer untuk membatlkan e-mail berlangganan mereka. Jika admin membuka akses “Allow Unsubscribe” pada Option Mass Mailing e-mail, maka customer dapat menghentikan e-mail berlangganan mereka terhadap mailing list yang customer ikuti dari perusahaan kita kapanpun mereka menginginkannya. Sebaliknya, jika admin tidak membuka akses “Allow Unsubscribe” pada Option Mass Mailing e-mail, maka customer tidak dapat menghentikan e-mail berlangganan mereka.

a. Sebelum modul addons Mass Mailing Unsubscription diinstall, tidak ada opsi “Allow Unsubscribe” pada tab Options saat create e-mail dari sub-menu Mass Mailing pada menu Marketing.

Menu awal Create Mass Mailing sebelum modul addons Mass Mailing Unsubscription diinstal

b. Setelah modul addons Mass Mailing Unsubscription diinstall, muncul opsi “Allow Unsubscribe” pada tab Options saat create e-mail dari sub-menu Mass Mailing pada menu Marketing.

Muncul opsi “Allow Unsubscribe” pada tab Options saat Create E-mail dari sub-menu Mass Mailing

Itulah Database yang ada (Muncul) saat modul addons Mass Mailing Unsubscription diinstal.

Bagaimana dengan Database yang ada (Muncul) saat modul addons Associations: Members diinstal? Mari kita lihat.

B. Database yang ada (Muncul) saat Modul addons Associations: Members diinstall.
Pada saat kita menginstall modul addons Associations: Members muncul database baru yang cukup signifikan, yakni muncul sub-menu baru pada menu Marketing, yaitu munculnya sub-menu Events dengan sub-sub-menu Events dan Registrations dibawahnya. Database ini muncul karena kegunaan modul addons Associations: Members adalah memberikan kita akses untuk mengadakan event dan memungkinkan kita untuk mendaftarkan peserta event tersebut.

a. Pada sub-menu Events terdapat sub-sub menu “Events” dan “Registrations”. Fungsi sub-sub menu “Events” adalah untuk membuat Event, sedangkan sub-sub menu “Registrations adalah untuk mendaftarkan peserta event yang kita adakan dan untuk melihat jumlah peserta beserta status pendaftaran mereka.

Create New Event pada sub-sub menu “Events”

Tampilan sub-sub menu “Registrations”

Tampilan Create New Registrations

b. Pada sub-menu Configurations terdapat sub-sub menu “Events” dan “Surveys”. Sub-sub menu “Surveys” muncul saat kita menginstall modul CRM, database yang baru muncul saat menginstall modul addons Associations: Members adalah sub-sub menu “Events”. Fungsi sub-sub menu “Events” pada sub-menu Configurations adalah untuk melihat tipe event apa saja yang pernah kita adakan dan sedang kita adakan. Jika kita klik salah satunya (sebagai contoh disini saya coba mengklik tipe event Bazaar) maka akan muncul data dari event Bazaar. Disini terdapat data seperti “Event Type”, “Default Minimum Registrations”, “Default Maximum Registrations”, “Default Reply-To”, “Event Confirmation E-mail”, “Registration Confirmation E-mail”.
Event Type adalah tipe event yang sedang / pernah kita adakan.
Default Minimum Registrations adalah jumlah minimum peserta events.
Default Maximum Registrations adalah jumlah maksimum peserta events.
Default Reply-To adalah e-mail peserta event akan secara otomatis dibalas oleh e-mail dari perusahaan.
Event Confirmation E-mail adalah E-mail yang dikirimkan perusahaan ke peserta event bahwa event sudah pasti akan diadakan.
Registration Confirmation E-mail adalah E-mail yang dikirimkan perusahaan ke peserta event sebagai balasan atas konfirmasi kehadiran mereka.

Tampilan muka sub-menu Configuration dan sub-sub menu Events

Tampilan saat salah satu Type of Event diklik

Tampilan Confirmation of the Event

Tampilan Confirmation of Registration

Itulah pembahasan saya mengenai Database yang ada (Muncul) saat modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members diinstal.

Demikian selesai sudah seluruh pembahasan saya mengenai tambahan 2 Modul addons yaitu Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members yang dimulai dari Cara menginstall modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members, Panduan cara menggunakan modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members, Kegunaan modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members, Perbedaan sebelum dan sesudah modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members diinstall, serta yang terakhir yang baru saja kita bahas yaitu Database yang ada (Muncul) saat modul addons Mass Mailing Unsubscription dan Associations: Members diinstall.


Selain itu kalian juga dapat melihatnya dalam berbagai versi yang sudah saya simpan dalam google drive email kartun saya (hellokitty.uperp8@gmail.com), yaitu :
- Untuk versi word dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi pdf dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi video dapat dilihat dan didonwload disini

Semoga postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Salam Sukses,

Wassalammua'alaikum Wr., Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar