Jumat, 13 Januari 2017

Hari Mulia Karya - 4415217054 #UPERP8UAS04 Analisa Proses Bisnis dalam Transaksi ERP (Struk/Nota/PO/Bon)



Hai semua

Kali ini saya akan menganalisa salah satu transaksi jual beli disalah satu minimarket dari sisi ERP. Berikut ini gambar analisa dari sisi ERP versi saya.


1. Tulisan paling atas "INDOMARET" dan nama pemilik "PT. INDOMARCO PRISMATAMA" menunjukan bahwa itu merupakan identitas dan kepemilikan usaha dari minimarket ini. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul CRM / Marketing dan Sales.

2. Alamat JL. Raya Bogor KM 32 RT. 01 RW. 06, Depok, 16453 (0218742390) adalah alamat dan nomer telepon dari minimarket ini, maksud dari penulisan alamat ini agar dapat membantu pelanggan untuk mencari lokasi atau menghubungi minimarket. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul CRM / Marketing dan Sales.

3. 04. 01. 17 - 21:17 adalah tanggal dan waktu transaksi pembelian item secara langsung ketika struk ini dicetak, sehingga setia transaksi yang terjadi di minimarket dapat termonitor oleh pihak manajemen toko. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul Purchase. 

4. 99314/ANNISA/01 adalah nomer identitas, nama, dan keterangan shfit karyawan itu sendiri. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul Setting / Admin.

5. JHNSON, STREPSILS adalah nama item pembelian berserta harga dan jumlah quantity nya tiap item, sehingga memudahkan pelanggan dalam memeriksa item transaksinya sudah benar atau salah. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul Accounting & Finance.

6. 27,800 adalah total harga yang harus dibayar oleh pelanggan , total harga tersebut diperoleh dari quantity item yang ada dalam transaksi dikalikan dengan harga per masing-masing item lalu dijumlahkan. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul Accounting & Finance.

7. Tulisan TUNAI memberitahukan cara pembayaran yang dipilih oleh pelanggan itu sendiri. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul Purchase.

8. Informasi tulisan DPP dan PPN memberitahukan rincian biaya dan pajak yang sudah pelanggan bayarkan. Penjelasan ini masuk kedalam bisnis proses  modul Accounting & Finance.

9. Informasi tulisan TERIMA KASIH. SELAMAT BELANJA KEMBALILAYANAN KONSUMEN INDOMARETSMS 0816 500 580CALL 1500580EMAIL: KONTAK@INDOMARET.CO.ID masuk kedalam bisnis proses  modul Purchase dan Accounting & Finance.

Analisa proses bisnis, dari pandangan saya:
- Pada penulisan harga tidak terdapat unit currency RP atau IDR, akan lebih baik ditampilkan unit tersebut.

Kesimpulan:
Berdasarkan analisa proses bisnis di minimarket ini sudah hampir baik disemua aspek. Hanya ada 1 kekurangan didalam penulisan harga yang tidak menjelaskan keterangan menggunakan unit currency apa, jadi bisa membingungkan orang yang tidak benar benar tinggal dinegara tersebut dikarrna tidak ada keterangan nya.

Sekian analisa dari proses bisnis dalam transaksi ERP. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar