Jumat, 13 Januari 2017

Sawra Dhatri - 4415217072 - #UPERP8UAS02A Transaksi Purchasing dengan Odoo


Hi, netizen!
Ada yang kepo gimana caranya bertransaksi dengan odoo? Ada ataupun gak ada, saya akan tetap jelaskan karena berbagi ilmu dapat menjadi amal jariyah. Aamiin!
Oke. Kalian dapat lihat proses transaksinya dari bagan berikut:
Flowchart lainnya dapat dilihat di postingan #UPERP8UAS01A
Untuk pembuatan Quotation, saya bantu menggunakan video. Silakan di-play link youtube berikut :) https://youtu.be/sM5aPxt0ZWM

Untuk pembuatan PO, saya tidak dapat membuat videonya karena saat itu aplikasinya error. Saya coba berkali-kali tetapi tidak running. Jadi, saya jelaskan dalam screenshot seperti biasa ya.
Setelah email dikonfirmasi oleh supplier (dalam kasus ini PT KITA), maka klik Quotation kita di sub menu Request for Quotation.

Lalu klik Bid Receive.

Klik Confim Order.

Dan klik Receive Invoice.

Akhirnya RFQ tersebut akan pindah ke sub menu Purchase Order.

Kalian dapat memeriksa invoice-nya pada sub menu Invoice.

Bagian Accounting akan melakukan Payment dari order tersebut, dan mem-validate PO, baru setelahnya Purchases mengklik Receive Product dan produk akan diterima di warehouse.
Berikut video email yang saya lakukan dengan supplier pada link youtube berikut:
https://youtu.be/ufZuEqx3oQk

Saya juga sertakan lampiran RFQ dan PO. Tapi hanya berupa screenshot karena tidak bisa di-print (silakan cek video pertama)
RFQ
 
PO
Super sekali kegiatan ini karena saya termasuk golongan orang kudet alias gaptek jadi saya benar-benar harus ekstra kerja keras memahaminya. Hahaha. Tidak ada yg rugi dalam belajar :)
Terimakasih! Semoga bermanfaat~
Enjoy this year~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar