Jumat, 13 Januari 2017

Rysha Yulianty - 4413215104 - #UPERP8UAS04 - Transaksi ERP dan Analisa ERP



Malam semuaa..
Disini saya akan menganalisa transaksi dari sisi ERP, struk pembayaran ini didapat pada saat melakukan transaksi membeli makanan. Berikut gambar struk pembayaran dan analisan field-field ERP nya :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiL_Sq8BT4CKuTx9qefjCJN8ZiDHESGvRIFnYUuS6dYBG94wDLfrB5YDwBy0lAE1jEiNsdTtE8hwKUv3ilxl9ZPDpXEFlGdGpiQdLf-0X_HbNqIqDZBT1_syuh73d63yOn75kfR1feYse0/s400/Untitled.png

1.      Ichiban Sushi merupakan Restoran Jepang yang menyediakan berbagai menu makanan khas jepang. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul CRM dan Sales.
2.      Cibinong City Mall Unit UG No.B16 merupakan lokasi restoran ichiban sushi yang berlokasi di salah satu mall daerah cibinong dengan no unit B16. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul CRM dan Sales.
3.      02/10/2016 merupakan waktu pada saat transaksi pembayaran melalui kasir , karena sudah otomatis struk pembayaran ini input ke sistem sehingga pihak atasan dapat memonitor dari sistem tsb. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul purchase.
4.      Bills Table : 015 merupakan nomor meja , sehingga memudahkan waiter/waitress untuk mengantar makanan yang kita pesan. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul purchase.
5.      Spicy Chicken Roll, California Maki, dan Milo merupakan item transaksi yang sudah lengkap dengan harga dan jumlah quantity nya.Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul purchase dan accounting & finance.
6.      Subtotal merupakan jumlah total harga dari semua item. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul accounting & finance.
7.      Service merupakan biaya jasa pelayanan dari waiter/waitress yang dikenakan sebesar 5% dari subtotal harga.Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul accounting & finance.
8.      Tax Resto 10% merupakan biaya kena pajak 10%,  PPN mengatur bahwa makanan dan minuman yang ada di restoran, rumah makan, warung hotel, dan sejenisnya meliputi makanan baik yang dikonsumsi langsung di tempat atau dibungkus dibawa pulang, serta termasuk makanan dan minuman yang disajikan oleh usaha dagang maupun perusahaan jasa boga atau ketering termasuk barang tidak kena PPN. Pengeluaran biaya lebih itu dibebankan secara langsung kepada konsumennya melalui pengenaan pajak sebesar 10% dari total pembayaran yang harus dibayar konsumen atas makanan dan minuman yang dikonsumsinya yang dicantumkan pada struk atau bill pembayaran.Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul accounting (pajak, ppn, pph).
9.      Total merupakan jumlah harga yang sudah dikenakan pajak resto.Hail ini termasuk kedalam bisnis proses modul accounting & finance.
10.  Cashier Novi merupakan novi nama dari kasir yang menjalakan proses penjualan dan pembayaran. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul setting admin.
11.  Server Mariyana merupakan pemilik akun di server kasir tsb. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul setting admin.
12.  Thank You For Your Visit merupakan ucapan terima kasih karena telah berkunjung.

Cukup sekian analisa transaksi dari sisi ERP, Terima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar