Jumat, 13 Januari 2017

Nur Astuti M - 4413215097 - #UPERP8UAS04 - Analisa Struk


Assalamualaikum Wr.Wb.

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu contoh struk transaksi untuk di analisa.


  1. Label HOKBEN merupakan identitas dari nama restaurant, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses Modul CRM/Marketing dan Sales.
  2. CALL US AT 1-500-505 ini merupakan berupa layanan untuk memudahkan pembelian, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses Ecommerce.
  3. www.hokben.co.id , f: Hoka Hoka Bento dan t:@HokBen, ini merupakan layanan yang memudahkan bagi konsumen, hal ini termasuk ke dalam modul Website.
  4. BLOKM SQUARE ini merupakan alamat dari restaurant tersebut, fungsinya untuk memudahkan konsumen ketika mencari restaurant tesebut.
  5. TELP : 72802215 ini merupakan nomer telfon yang dapat dihubungi oleh konsumen, sehingga dapat memudahkan konsumen.
  6. BILL. NO : 52901.1892.84 ini merupakan identitas dari nomer resi/ nomer transaksi, fungsinya ialah untuk mempermudah penelusuran transaksi baik dilakukan oleh konsumen atau pihak manajemen dari restaurant. Hal ini termasuk ke dalam modul Setting/Admin.
  7. YUNI , 01-01-17 14:19 GUEST 2 , ini merupakan identitas dari nama karyawan, tanggal transaksi, waktu transaksi dan urutan transaksi, fungsinya adalah untuk memudahkan penelusuran apabila terjadi masalah. Hal ini termasuk ke dalam modul Purchase.
  8. DINE IN, 1 PAKET D, 1 THE KOTAK SOSRO, 1 VALUE COLD OCHA, I UPGRADE THE KOTAK, ini merupakan identitas dari item yang di pesan dengan disebelah kanannya merupakan harga dari masing-masing item. Hal ini termasuk ke dalam modul Purchase, Accounting, & Finance.
  9. SUB TOTAL 70,457 merupakan jumlah total dari pembelian atas item yang di beli. Hal ini termasuk ke dalam modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
  10. PJK RESTO 10% 7,046, ini merupakan pajak yang dikeluarkan dari restaurant atas pembelian yang dilakukan. Hal ini termasuk ke dalam modul Accounting.
  11. PEMBULATAN ini merupakan pembulatan uang dari transaksi yang dilakukan. Hal ini termasuk ke dalam modul Purchase dan modul Accounting 7 Finance.
  12. TOTAL 77,500 merupakan jumlah total yang sudah termasuk dengan pajak. Hal ini termasuk ke dalam modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
  13. TUNAI 100,000 merupakan identitas dari cara pembayaran, yaitu pembayaran di lakukan dengan cara tunai dengan uang 100,000. Ini termasuk ke dalam modul Purchase.
  14. KEMBALI merupakan identitas dari jumlah kembalian yang diterima,. Hal ini termasuk ke dalam modul Purchase.
  15. NIKMATI BENTO SPECIAL DI MOMENT SPECIAL merupakan iklan yang mudah untukdiingat dan bisa membuat konsumen untuk datang kembali. Ini termasuk ke dalam modul Ecommerce.
  16. ARIGATO GOZAIMATSU – TERIMAKASIH, ini merupakan ucapan terimakasih yang khas dari restaurant.

Dilihat dari sisi ERP ada beberapa kekurangan yang terdapat terhadap struk di atas, yang mana ini menjadi analisa dalam kasus ini, yaitu :
1.    Tidak adanya identitas mengenai satuan mata uang pada penulisan harga yang tertera pada resi pembayaran tersebut.
2.       Tidak ada penjelasan tentang mengenai apa maksud dari pembulatan yang tercantum.
3.       Tidak ada nomer NPWP yang tercantum.
4.       Tidak ada nomer identitas mesin yang tercantum.

Kesimpulan dari analisa resi pembayaran pada restaurant Hoka Hoka Bento yaitu cukup baik, namun ada beberapa faktor-faktor penting yang harus segera di lengkapi untuk memudahkan konsumen dan juga pihak dari Hoka Hoka Bento.
Cukup sekian Analisa yang bisa saya lakukan dari resi restaurant Hoka Hoka Bento.
Selain itu laporan analisa ini dapat di lihat dalam bentuk yang berbeda, yaitu:
- Untuk versi word dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi pdf dapat dilihat dan didownload disini

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar